--> Cara Cetak Undangan Sendiri | Kios Grafis

Cara Cetak Undangan Sendiri

Posted by Kios Grafis on Selasa, 15 September 2015


Selamat datang di website Yagrafika ini. Selain menerima pembuatan undangan nikah, brosur, nota, buku yasin, kalender dll, Yagrafika juga akan selau berbagi tulisan seputar cetak mencetak. Termasuk pada edisi kali ini yaitu akan membahas bagaimana caranya mencetak undangan sendiri.

Undangan yang dimaksud bisa berupa undangan nikah, undangan pamit haji, undangan khitan dsb. Yang perlu digarisbawahi sebelum mencetak undangan sendiri adalah anda setidaknya 'bisa' menjalnkan aplikasi grafis seperti CorelDraw ataupun Inkscape, atau setidaknya anda siap untuk mempelajarinya dulu.

Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis undangan yang akan dibuat. Apakah akan membuat undangan model softcover, hardcover ataupun blanko, silakan ditentukan dulu sesuai selera anda. Jika sudah dipilih kemudian bisa dilanjutkan dengan proses desain, cetak lalu finishing.

Proses Desain

Diproses ini kita gunakan kreativitas kita melalui aplikasi grafis yang digunakan. Jika anda kesulitan silakan browsing saja di Google dengan kata kunci 'Download Template Undangan Gratis', lalu unduh dan edit sesuai keinginan. Jangan lupa untuk menggunakan mode warna CMYK dengan resolusi 300 Dpi. 

Proses Cetak

Setelah desain undangan sudah beres, langkah selanjutnya adalah mencetak undangan tersebut. Ada beberapa pilihan dalam hal mencetak ini, diantaranya :

  1. Cetak Offset (mesin besar), untuk cetak dengan jumlah banyak
  2. Digital Print, untuk proses cetak yg lebih mudah & cepat, tapi lebih mahal
  3. Mesin Toko, Khususnya untuk cetak undangan model Blanko

Sebelum masuk ke proses cetak, sangat penting untuk meninjau kembali desain yang akan dicetak baik itu dalam hal data tanggal, nama, alamat, kosakata ataupun bab desain seperti warna, tanda potong/kress dsb.
Lebih baik lagi lakukan peninjauan kembali sebanyak 3 KALI! Hingga anda benar-benar sudah yakin.

Proses Finishing

Tahap terakhir yaitu finishing antara lain seperti laminasi doff/glossy, hardcover, tulisan emas(hotprint), pelipatan, pemberian label nama hingga pembungkusan undangan. Sesuaikan dengan model undangan yang sudah anda pilih.

Demikianlah artikel Cara Cetak Undangan Sendiri, semoga dapat bermanfaat

Blog, Updated at: 21.28

Postingan Populer


Diberdayakan oleh Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...